Rabu, 07 Desember 2011

Kunjungan Mendagri Dianggap Memperkeruh Situasi di Papua

JAYAPURA- Wakil ketua Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Mako Tabuni menuding kedatangan rombongan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Gamawan Fauzi, Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menko Kesra) Agung Laksono, dan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Polisi Timur Pradopo, hanya memicu konflik berkepanjangan di Papua.

"Sebenarnya kedatangan bapak-bapak terhormat ini ke Papua untuk apa? Apa membawa solusi bagi rakyat Papua, atau malah mendatangkan masalah diatas masalah?," tanya Mako dalam dialog komunikasi kontruktif antara rakyat Papua dengan Rombongan Pejabat tersebut di aula Sasana Karya Kantor Gubernur, Rabu (7/12/2011).

Menurut Mako, hak politik bangsa Papua harus dihormati jika ingin konflik di Papua berakhir. Dia juga menilai, program percepatan pembangunan (UP4B) yang sedang disosialisasikan Pemerintah pusat di Papua hanya akan membunuh rakyat Papua. Karena pembangunan dilakukan ditengah-tengah konflik yang sedang terjadi.

Sebetulnya, lanjut Mako, bagi rakyat Papua masalah pembangunan dan kesejahteraan hanyalah wacana Pemerintah tanpa direalisasikan kepada rakyat Papua. “Untuk itu, satu-satunya jalan keluar adalah memberikan kebebasan bagi rakyat Papua untuk merdeka dari NKRI," ujarnya.

"Kedatangan Mendagri, Menko Kesra dan Kapolri sama saja dengan menginjak-injak harkat dan martabat orang Papua," sambungnya.

Jika hal itu, kata Mako tidak direalisasikan, maka sama saja dengan menindas hak politik rakyat Papua.

Mendengar pernyataan Mako Tabuni itu, Mendagri Gamawan Fauzi hanya dingin menanggapinya. Menurut Mendagri, saat ini rakyat Papua bersama Pemerintah baik Pusat hingga Daerah harus bersatu untuk membangun Papua di masa datang.

Gamawan juga mengimbau agar rakyat Papua melupakan referendum atau teriakan merdeka, dan bersatu dengan pemerintah RI untuk membangun Papua di masa depan. "Hilangkan pikiran merdeka, hilangkan tentang referendum. Tapi marilah kita bersama-sama bersatu padu guna membangun Papua di masa datang," ujar Mendagri.

Seperti diketahui, Mendagri, Menko Kesra dan Kapolri berkunjung ke Papua dalam rangka silaturahmi serta untuk meninjau percepatan pembangunan di Papua. Kunjungan tersebut juga dalam rangka melakukan dialog interaktif dengan rakyat Papua guna mencari solusi permasalahan di Papua.
(ugo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar